Selasa, 29 Mei 2012

Nulis Pertama

Selamat siang semuanya bagi para pembaca, mohon maaf jika ada kesalahan, sebenarnya saya benar - benar nubi untuk sebuah blog yang saya ingin buat ini. Karena itu saya sangatlah bingung untuk pertama kali apakah yang saya tulis. Nah untuk itu berhubung teman saya sudah punya web, saya ingin copas saja.. untuk memastikan blog saya ini bisa buat posting.. sekalian testing maksudnya. 
Nah inilah hasil copas saya, sebuah artikel tentang kesehatan berupa obat herbal dari malaysia...

Judulnya : Jelly Gamat

Penggunaan Jelly gamat sebagai antiseptik tradisional dan obat serba guna sudah dikenal sejak 300 tahun yang lalu pada masyarakat Pulau Langkawi, yaitu sebuah pulau kecil di Semenanjung Malaya. Biasanya, Jelly gamat diminumkan kepada wanita sehabis melahirkan untuk menghentikan pendarahan dan mempercepat proses penyembuhan luka khitan pada anak laki-laki masyarakat Pulau Langkawi.
Penelitian
Penelitian di China mengungkapkan bahwa Jelly gamat mengandung saponin glycosides. Studi China menunjukkan adanya anti kanker pada saponin dan polisakarida yang terkandung di dalam Jelly gamat. Studi modern ini membuktikan bahwa Jelly gamat dapat digunakan sebagai suatu tonik dan suplemen gizi. Dalam penelitian yang dilakukan secara modern telah membuktikan bahwa Jelly gamat bermanfaat untuk penyakit musculoskeletal inflammatory, khususnya arthritis rematik, osteoarthritis, dan ankylosing spondylitis, penyakit rematik yang mempengaruhi tulang belakang.
Dalam penelitian medis, lektin telah ditemukan pada Jelly gamat mempunyai efek therapeutic pada Human Immuno deficiency Virus (HIV). Hasil tes laboratorium yang menggunakan sel limfoid, menunjukkan bahwa lektin tumbuhan yang dikenal sebagai jacalin, secara sempurna dapat menghalangi virus HIV. Disamping kemampuannya untuk menggumpalkan sel-sel yang sangat berbahaya, lektin juga berperan sebagai indikator adanya tumor. Khasiat Jelly gamat telah diteliti oleh para ilmuwan di seluruh dunia. Penelitian yang dilakukan di Universitas Malaysia selama 8 tahun menunjukkan bahwa Jelly gamat dapat :
  • Melancarkan peredaran darah dalam tubuh
  • Mencegah penyumbatan kolesterol pada pembuluh darah
  • Melancarkan fungsi ginjal
  • Meningkatkan kadar metabolism
  • Membantu arthritis
  • Penyakit diabetes mellitus
  • Penyakit hipertensi
  • Mempercepat penyembuhan luka, baik luka luar maupun luka dalam.
  • Mempercepat penutupan luka pada penderita Diabetes serta menghilangkan bau pada luka gangren
  • Meredakan gangguan sakit lambung
  • Meringankan sakit pada persendian / arthritis
  • Menghentikan pendarahan pada wasir
  • Mempercepat penyembuhan pasca operasi maupun bersalin
  • Memperbaiki tekstur kulit menjadi lebih licin dan kenyal
  • Menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida
  • Meringankan penderita asma
Berdasarkan hasil penelitian di berbagai Universitas di seluruh dunia, ditemukan bahwa Jelly gamat sangat berkhasiat sebagai solusi yang tepat untuk mengatasi berbagai penyakit serta berguna sebagai antiseptik tradisional. Dari penelitian tersebut terbukti bahwa Jelly gamat memiliki kandungan “Cell Growth Factor” (faktor regenerasi sel) sehingga mampu merangsang regenerasi/pemulihan sel dan jaringan tubuh manusia yang telah rusak/sakit bahkan membusuk, sehingga menjadi sehat/pulih kembali. Contoh yang mudah misalnya pada kasus penderita diabetes melitus. Selain diminum, Jelly gamat juga dioleskan pada luka yang sudah membusuk, bahkan hampir diamputasi. Ternyata, “Cell Growth Factor” mampu bekerja dengan baik sehingga luka menjadi pulih dengan cepat.
Penelitian dosen FPIK Undip
Semarang, Banyak biota laut memiliki manfaat untuk pengobatan antara lain gamat yang termasuk dalam kelompok Echinodermata. Gamat yang tergolong Molusca itu tidak hanya dikenal sebagai bahan makanan, tetapi diyakini bermanfaat sebagai bahan penghilang berbagai penyakit. Bahkan di Malaysia, sudah banyak dibuat sari teripang alami. Penelitian FPIK Undip Semarang Dr Delianis Pringgenies, menyatakan teripang mengandung berbagai senyawa aktif seperti protein, mukopolisakarida, glucasaninoglycans (GAGs), antiseptic alami, Chondroitin, Omega 6 dan omega 9, asam amino, DHA, Omega 3, kolagen, dan elemen bio aktif yang berfungsi sebagai anti kolesterol dan menekan kadar gula darah. Kandungan mineralnya terdiri atas: kalium, fosfor, chromium, magnesium, kalsium, zat besi, natrium, dan enzim SOD (Super Oxide Dismutase) bersifat anti oksidan. “Kami meneliti kasiat yang terkandung dalam teripang dengan menganalisis berbagai aspek, antara lain: Isolasi, Screening bakteri, dan uji anti bakteri molusca.” Kata peneliti dari Lemlit Undip itu.
Sangat bermanfaat
Dia menguji coba untuk membuktikan khasiat gamat menggunakan media hewan mancit (sejenis tikus berukuran kecil) yang diberi makanan berupa teripang. “hasilnya, kandungan Trigleserida dapat ditekan dan dapat meningkatkan kadar HDL yang dibutuhkan tubuh untuk menekan kandungan kolesterol. Sebab teripang mengandung omega 3 dan omega 6 yang membantu meningkatkan pembakaran energy dan metabolisme sel, menurunkan kolesterol, LDL, dan Trigliserida dan menurunkan HDL” katanya. Berdasar hasil pengujian itu dapat disimpulkan, gamat dapat menjadikan bahan obat yang bermanfaat besar bagi kesehatan. Suara Merdeka, 14 November 2009

Sumber saya : Mas Santya

1 komentar:

Silahkan tinggalkan jejak, asal jangan tinggalkan sampah, demi menjaga kelestarian alam ini sampah - sampah silahkan dibawa turun kembali. Ingat hanya tinggalkan jejak. (Sebuah kata di salah satu basecamp pendakian)